Tugas Softskill
Nama : Anggun Miranda Ansori
Kelas : 2KA05
Npm : 10116885
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
PADA PERUSAHAAN LAZADA
Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu bagian dari jaringan
retail online Lazada Group yang beroperasi di enam negara Asia Tenggara, yang terdiri dari
Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, Lazada Singapore, dan
Lazada Filipina dengan total pengguna 550 juta pengguna dari total keseluruhan enam negara
tersebut.
Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel
e-commerce, hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet asal Jerman yaitu
Rocket Internet. Roket internet juga telah sukses menciptakan berbagai perusahan-perusahaan
yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman. Proyek
yang dimiliki Rocket Internet lainya di Indonesia antara lain zalora, foodpanda, traveloka. Pada
tahap awal pengembangannya Rocket Internet banyak membantu mulai dari merekrut tenaga ahli,
meyuntikan dana, dan mengimplementasikan platfrom teknologinya. Namun setelah lazada
mampu berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak terlibat dalam kegiatan
operasionalnya.
1. Service Strategy
Lazada Indonesia mengumumkan peluncuran akun resmi Periscope. Akun ini diklaim
mereka mampu meningkatkan layanan komunikasi waktu nyata (real-time) antara tim
manajemen Lazada dengan konsumen.Seiring pertumbuhan pesat Lazada, perusahaan ingin
mendorong konsumen untuk membagi pengalaman serta masukan untuk memperbaiki kualitas
layanan lazada. Memiliki akun Periscope merupakan salah satu usaha Lazada untuk selalu
menjaga hubungan dengan konsumen serta menjalin komunikasi dua arah dengan pihak
Lazada.
Berdasarkan catatan Lazada Indonesia, mereka telah memiliki lebih dari 130.000
followers di Twitter, sekitar 29.000 followers di Instagram serta 1,8 juta friends di LINE. Di
Asia Tenggara sendiri, Lazada memiliki lebih dari 13 juta fans di Facebook.
Masyarakat dapat mengikuti akun Periscope Lazada Indonesia di @LazadaID dan
menonton secara reguler siaran dengan jadwal. Misalnya, setiap Selasa dua minggu sekali ada
program 'We Hear You, Indonesia'. Tim Lazada Indonesia, termasuk CEO, CMO dan CCO,
akan membaca masukan-masukan dari konsumen yang diberikan melalui media sosial serta
menindaklanjuti dan memastikan semua masukan didengarkan.
2. Service Design
Lazada memberikan design web yang sangat kompetitif agar konsumen dapat lebih
mudah memahami isi dan cara penggunaannya . Lazada memberikan design yang mampu
membuat konsumen tidak kesulitan saat berbelanja online serta Lazada sangat
memperhatikan pihak konsumen agar tetap berlangganan setia terhadap pihak Lazada.
Lazada juga bekerja sama dengan berbagai pihak design agar tampilan web jauh lebih
mudah dari pada web penjualan lainnya .
3. Service Transition
Online marketplace Lazada kembali menghadirkan sebuah inovasi demi menggenjot
performa layanannya dengan meluncurkan Aplikasi Seller Center yang tersedia untuk perangkat
Android. Aplikasi Seller Center tersebut diluncurkan untuk memudahkan penjual dalam
mengakses data mereka sehingga proses berjualan di platform marketplace Lazada dapat menjadi
lebih mudah bagi brand ataupun penjual itu sendiri.
Sejak beroperasi tiga tahun yang lalu di kawasan Asia Tenggara, platform marketplace Lazada
mengklaim telah memiliki 20.000 penjual. Penjual tersebut mampu berkontribusi sekitar 75% dari
keseluruhan penjualan Lazada di Asia Tenggara. Peluang ini lah yang ingin dimanfaatkan Lazada
untuk meningkatkan performa penjualannya dengan menghadirkan aplikasi Seller Center.Seller
Center sendiri merupakan platform online yang ditujukkan bagi penjual di marketplace Lazada
untuk mengatur inventori, harga, promosi dan pesanan. Dengan kehadiran aplikasi Seller Center,
diharapkan penjual maupun brand yang menjadi mitra Lazada dapat memaksimalkan penjualan
mereka. Aplikasi Seller Center ini mencoba menggabungkan semua fitur penting yang juga
terdapat dalam platform Seller Center agar penjual dapat menjalankan bisnis mereka setiap saat.
Setidaknya, ada empat fitur utama yang diunggulkan dari aplikasi Seller Center Lazada.
Fitur pertama berhubungan dengan Inventori dan Pengaturan Data yang dapat
dimanfaatkan penjual untuk melakukan memperbaiki deskripsi produk, mempublikasi dan
membagi daftar produk dengan lebih mudah. Fitur kedua berkaitan dengan Pengaturan Pemesanan
yang memungkinkan penjual dapat memproses pesanan dan melakukan update status pemesanan
kapan saja untuk mempercepat proses.Fitur ketiga berhubungan dengan Laporan dan Analisa realtime
yang dapat dimanfaatkan penjual untuk melihat performa penjualan dan membantu dalam
membuat keputusan. Fitur terakhir yakni push notifications yang membuat penjual akan
mendapatkan notifikasi untuk setiap pesanan baru, status pengiriman dan saat stok produk sudah
habis.
4. Service Operation
Lazada memeberikan layanan operasi yang sangat membantu seperti halnya Jika Anda merupakan
customer Lazada baik berposisi sebagai pembeli maupun penjual dan ingin berkomunikasi dengan
customer service berikut ini cara menghubungi CS Lazada beberapa diantaranya support 24 jam
dan ada yang bebas pulsa. Via sambungan telepon Untuk layanan CS Lazada melalui sambungan
telepon dikenakan biaya atau tarif pulsa dan memiliki jam operasional dari pukul 09.00 pagi
sampai jam 08.00 malam WIB.
Alamat email ,Selain via sambungan telepon CS Lazada bisa juga dimasuki melalui surat elektrik
email dan layanan ini support 24 jam tetap bisa dihubungi hanya saja apabila pesan dikirim di luar
jam operasional maka akan dibalas ketika customer service sudah online di jam operasional.
Jejaring social,Seperti halnya website ecommerce lainnya CS Lazada juga tersedia melalui jejaring
sosial ini bisa menghemat pulsa dan bisa dibilang bebas pulsa karena customer hanya
membutuhkan kuota internet untuk mendapatkan informasi dan bantuan
Chatting langsung,Cara menghubungi CS Lazada bebas pulsa lainnya adalah dengan
menggunakan fasilitas chatting bisa dilakukan apabila mengakses website resmi melalui perangkat
komputer atau laptop. Silahkan scroll hingga ke bawah dan perhatikan disana ada keterangan "Ada
pertanyaan? Hubungi kami di live chat"
5. Continual Service improvement
Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, guna mengantisipasi melonjaknya
transaksi baik pada tanggal 11.11 dan 12.12, sejumlah persiapan dan rangkaian kegiatan terpadu
dilaksanakan oleh Lazada guna memastikan kelancaran dan kenyamanan pengalaman berbelanja
para konsumen di situs Lazada.co.id. Persiapan dan rangkaian kegiatan tersebut terbagi dalam tiga
pilar, yaitu:
1. Seller-centric; Untuk memberikan pendampingan bagi seller mengembangkan bisnisnya dan
mempersiapkan kapasitas menuju 12.12.
2. Customer-centric; Untuk menghadirkan berbagai penawaran dan fasilitas untuk menghadirkan
pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen.
3. Technology driven; Untuk memperkenalkan berbagai inovasi di bidang teknologi untuk
memfasilitasi kebutuhan konsumen dan seller Lazada
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar