strategi listening saat toefl
STRATEGI MENJAWAB SOAL
LISTENING DALAM TEST TOEFL
Penelitian maupun
pengalaman banyak pembelajar bahasa Inggris menunjukkan bahwa listening comprehension
(menyimak dan memahami) merupakan salah satu percakapan yang paling sulit
dikuasai. Tantangan makin bertambah dalam konteks tes bahasa seperti TOEFL,
TOEIC, atau IELTS.
TOEFL TEST yang terdiri
dari 3 (tiga) bagian besar, yaitu Listening Comprehension, Structure and
Written Expression, dan Reading Comprehension.
Berikut adalah beberapa
strategi cara menjawab tes listening TOEFL yang bisa anda coba:
Soal listening
comprehension sebanyak 15 butir soal , terdiri dari :
Part I : Photographs
sebanyak 3 soal
Part II : Question –
Response sebanyak 4 soal
Part III : Short
conversation sebanyak 4 soal
Part IV : Short talk
sebanyak 4 soal
LISTENING SECTION
PICTURE terdiri dari 3
item soal :
1. Location of things (
lokasinya )
2. On going activities ( kegiatan
yang terjadi )
3. Describing people /
event ( dalam menggambarkan orang /acara )
QUESTION RESPONSE terdiri
dari 4 item soal :
1. Giving suggestion (
memberikan saran )
2. Preference (
preferensi )
3. Invitation ( undangan
)
4. Giving direction ( memberikan
arah )
SHORT DIALOGUE/SHORT
CONVERSATION terdiri dari 4 item soal :
1. Introduction ( pengantar )
2. Daily activities ( kegiatan sehari-hari )
3. Planning ( perencanaan )
4. Degrees of comparation ( derajat
perbandingan )
SHORT TALKS terdiri dari
4 item soal :
1. Monologe radio commercial
2. Announcement
MATERI SOAL :
1. Greeting , mampu memilih salam sesuai
dengan waktu dan keperluan
2. Introduction, memperkenalkan diri /
memperkenalkan orang lain
3. Describing, mendiskripsikan benda,
orang, situasi, proses
4.
Degree of comparasion, membandingkan dua atau lebih benda, orang atau
situasi
5. Guest handling, penanganan tamu /
pelanggan secara langsung atau lewat telepon
6. Imperative, kalimat perintah, larangan,
permintaan, arahan
7. Offering, menawarkan suatu produk pada
pambeli/ pelanggan
8. Agreeing, menyatakan persetujuan dan
ketidaksetujuan dan responnya
9. Ordering, pemesanan terhadap suatu barang
atau jasa
10. Giving suggestion, opinion and advice,
memberi saran, pendapat dan nasehat, menerima
dan menolak saran, pendapat dan
nasehat
11. Ability, kemampuan
12. Permision, meminta ijin dan responnya
13. Possibility, kemungkinan
14. Necessity, keharusan
15. Thank giving, ucapan terima kasih
16. Invition, menyampaikan undangan
17. Congretulation, memberi ucapan selamat
dan balasannya
18. Present / past continouos , bentuk
sedang berlangsung
19. Simple present tense, kegiatan
sehari–hari
20. Present / past perfect tense, kegiatan
yang masih berlangsung
21. Future tense, yang akan datang
22. Simple past tense, berulang di waktu
lampau
23. Conditional clause, kalimat pengandaian
24. Relative Pronoun, kata ganti sambung
PART-I : PICTURES
Pada bagian pertama dari
Listening, anda akan melihat foto-foto dan kemudian diminta untuk memilih
kalimat yang paling menggambarkan gambar. Untuk menjawab soal ini dengan baik
adalah dengan memperhatikan gambar-gambar secara teliti. Perhatikan gambar pada
saat ‘direction’ sedang diperdengarkan (karena petunjuk soal setiap tahun
selalu sama). Sehingga pada saat soal diputar, anda sudah siap. Tanyakan kepada
diri sendiri, gambar itu tentang siapa, apa, dimana atau kenapa.
Dalam bagian ini,
terdapat 3 soal gambar hitam putih yang melukiskan fakta sehari hari. Satu atau
dua gambar memperlihatkan kegiatan orang dan yang lain berupa objek benda.
Kemudian anda akan diperdengarkan empat pernyataan ( a, b, c dan d )untuk
masing masing gambar dan anda diminta memilih pernyataan yang paling akurat
menggambarkan isi gambar tersebut. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda
harus sudah melihat dan mencermati masing masing gambar, sehingga ketika
dibacakan kalimat – kalimat masing – masing soal anda sudah punya modal
pemahaman terhadap setiap gambar .
Keterampilan yang
diperlukan pada bagian ini adalah :
1. Kemampuan menangkap dan mengenterprestasikan
gambar dengan cepat.
2. Kemampuan memahami pernyataan lisan dan
membandingkan dengan apa yang dilihat
dalam gambar.
3. Kemampuan membedakan antara kata kata
dengan bunyi – bunyi yang hampir sama.
Taktik yang diperlukan :
1. Selalu menandai jawaban anda secepat anda
dapat sehingga anda segera dapat melihat gambar berikutnya. Anda tidak harus menunggu pembaca soal (
speaker ) untuk melihat gambar berikutnya.
2. Jika anda melihat gambar suatu benda,
tanyakan pada diri anda hal hal sbb :
Ini benda apa ?
Di mana biasanya benda
ini ada / dilihat ?
Benda tersebut terbuat
dari apa ?
3. Jika anda melihat kegiatan orang ,
tanyakan pada diri anda hal hal sbb :
Apa yang sedang mereka
lakukan ?
Apa yang mereka pakai ?
Di mana mereka melakukan
kegiatan tersebut ?
Bagaimana ekspresi
wajahnya ?
Jika terdapat lebih dari
satu orang, apa yang membedakan mereka ?
Apakah yang satu lebih tinggi dari yang lain ?
Apakah yang satu memakai topi, jaket, dasi
sementara yang lain tidak ?
Apakah dia laki – laki atau perempuan ?
4. Jangan pernah menjawab sebelum keempat
pernyataan selesai dibaca semua. Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil
pada jawaban A, jika anda pikir itu jawaban yang paling tepat. Lakukan hal yang
sama untuk ( B ), C), atau ( D ). Jika anda berubah pikiran setelah mendengar
lebih banyak pilihan, pindahkan ujung pencil
anda ke jawaban pengganti. Kemudian setelah anda mendengar keempat
kalimat, hitamkan jawaban di mana ujung pensil anda berada. Teknik ini menghindarkan
anda dari kelupaan pada jawaban mana yang anda anggap paling tepat.
5. Cobalah untuk mengurangi kemungkinan
jawaban salah dengan teknik pembeda bunyi (sound confusion) dan pembeda makna.
Beberapa kalimat sama sekali tak ada kaitannya dengan gambar.
6. Jangan pernah meninggalkan jawaban
kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang
benar, berspekulasilah.
7. Jangan terpancang memandangi photo
terlalu lama, walau gambarnya seorang gadis yang sangat cantik, atau pria yang
berwajah tampan, setelah menemukan jawaban yang benar segera pindah ke gambar
pada soal berikutnya.
PART-II : QUESTION –
RESPONSE
Pada listening bagian
ke-2 anda akan mendengarkan sebuah pertanyaan, kemudian anda harus memilih satu
respon yang paling tepat untuk pertanyaan itu. Yang harus anda waspadai adalah:
Terdapat kata-kata yang
bunyinya mirip dengan kata di pertanyaan.
contoh:
question: How much does
it cost?
answer: Tank you very
much.
Meskipun sama-sama
terdapat kata much, tapi jawaban itu bukan respon yang tepat untuk pertanyaan
‘How much does it cost?‘
Perhatikan kata tanya di
awal kalimat (WH question; who, what, when, where, why, what, How, dll.)
Waspadai pula penggunaan ‘question tags’
Jika anda ragu-ragu,
pilih saja respon/ jawaban yang anda rasa paling masuk akal untuk pertanyaan
tersebut. Yang terpenting jangan sampai lembar jawaban anda kosong.
PART-III : SHORT
CONVERSATION
Pada bagian ketiga, anda
akan mendengar dialog singkat dan kemudian anda mendapat pertanyaan tentang dialog
tersebut. Dalam hal ini anda perlu menggunakan memori jangka pendek dengan
baik. Strategi terbaik adalah untuk mewaspadai:
Kesamaan bunyi kata-kata
pada jawaban dengan yang ada pada dialog
Kata negatif (don’t,
hardly, won’t, dll.)
Kata-kata yang terkait
dengan waktu (always, seldom, dll)
Cobalah membaca
pertanyaan, dan bahkan mungkin jawaban, sebelum anda mendengar dialog. Periksa
semua pilihan dan jangan memilih terlalu cepat.
Pada bagian ini,
dibacakan pertanyaan dan diikuti tiga pilihan jawaban.
Pertanyaan maupun jawaban
tidak ditulis dalam soal.
Jadi tidak ada sesuatu
dalam soal kecuali perintah “ Mark your answer in your answer sheet “, sehingga
ini betul – betul tes listening yang sesungguhnya.
Maka ketika mengerjakan
bagian ini, naskah soal di kesampingkan saja dulu.
Seorang pembaca naskah (
speaker ) mengenalkan soal dengan membaca nomor soal, kemudian speaker kedua (
bisa laki – laki atau perempuan ) membacakan naskah soal dan speaker ke tiga (
laki laki ) membacakan pilihan jawabannya.
Ketrampilan yang
diperlukan pada bagian ini :
Kemampuan membedakan
jenis – jenis pertanyaan secara lisan (information question, yes no question,
alternative question, suggestion offers dan lain – lain). Kemampuan mengenal
respon sesuai dengan tipe pertanyaannya.
Kemampuan membedakan
kata-kata yang bunyinya hampir sama. Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian
ini.
Cobalah untuk
mengidentifikasi jenis pertanyaan. Respon yang benar biasanya tergantung pada
jenis pertanyaan yang ditanyakan. Jangan pernah menjawab sebelum keempat
pernyataan selesai dibaca semua.
Jangan pernah
meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak
tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.
PART-IV : SHORT TALKS
Dalam bagian keempat,
anda akan mendengar monolog dan kemudian mendapat pertanyaan tentang hal itu.
Yang harus anda lakukan kurang lebih sama sebagaimana dalam bagian sebelumnya,
tetapi anda perlu lebih hati-hati dalam menyimak detail information dan
memperhatikan konteks. Cobalah untuk membaca pertanyaan-pertanyaan sebelum
monolog diperdengarkan, dan dengarkan seluruh pembicaraan sebelum memilih
jawaban. Gunakan waktu anda dengan bijaksana, jangan tertinggal atau kehilangan
informasi penting yang terkait dengan pertanyaan berikutnya.
Dalam bagian ini akan
disajikan beberapa short talk atau monolog ( pembicaraan pendek) secara
monolog. Setiap short talk diikuti dua atau tiga pertanyaan yang berhubungan
dengan apa yang anda dengar. Short talk atau monolog ini dapat berupa
advertisment ( iklan ), announcement ( pengumuman ), telepon massage, briffing
di tempat kerja dan sebagainya.
Taktik untuk mengerjakan
soal pada bagian ini :
Ketika dibacakan “
direction “ , maka anda harus sudah membaca dan mencermati pertanyaan soal soal
yang bersangkutan dengan short talk tersebut dan keempat pilihan jawabannya,
sehingga ketika dibacakan monolog anda sudah punya modal pemahaman terhadap apa
yang akan ditanyakan .
Setiap monolog akan
dibacakan dua kali, usahakan anda dapat menjawab pada saat monolog selesai
dibaca yang pertama, sehingga ketika monolog dibaca untuk yang kedua kalinya,
anda bisa membaca pertanyaan soal untuk monolog berikutnya beserta keempat
pilihan jawabannya. Begitu seterusnya.
Tentukan kata tanya yang
dipakai, apa yang ditanyakan, apakah , what, who, when, why, where, how, how
long dll. Dengan mengetahui apa yang ditanyakan, anda bisa memfokuskan dalam
mencari informasi dari monolog tersebut.
Cobalah untuk
membayangkan, setting dari monolog tersebut. Hal ini akan membantu anda dalam
membuat suatu analisa mengenai siapa yang sedang berbicara, di mana monolog itu
dibacakan, untuk siapa monolog itu ditujukan dan untuk keperluan apa.
Jangan pernah
meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak
tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.
Bagi sebagian besar
orang, listening adalah bagian tersulit ketika menjalani tes TOEFL. Saya pun
termasuk didalamnya. Berkali-kali mengikuti tes ini dan selalu mendapat point
terendah dibandingkan bagian lainnya. Nah, kali ini saya akan mencoba merangkum
strategi yang baru saja saya pelajari tentang bagaimana menjawab bagian
listening dengan baik.
Bacalah pilihan jawaban
sebelum mendengarkan percakapan atau sebelum percakapan dimulai. Dengan membaca
pilihan jawaban akan membantu kita lebih memahami isi percakapan.
Dengarkanlah barisan
pertama dari percakapan dengan hati-hati. Barisan pertama dari percakapan
sering berisi main idea, subject atau topic dari percakapan. Pertanyaan tentang
main idea, subject and topic sering sekali di tanyakan di Listening Part B.
Ketika telinga kita
mendengarkan percakapan, pada saat yang bersamaan mata kita harus melihat
pilihan jawaban di buku tes dan cobalan untuk menentukan jawaban yang benar.
Pertanyaan yang di berikan biasanya diberikan secara berurutan didalam
percakapan. Jawaban pertanyaan nomor 1 biasanya di temukan di awal percakapan,
jawaban pertanyaan nomor 2 & 3 biasanya ada di tengah percakapan dan
pertanyaan nomor 4 biasanya ada di akhir percakapan.
Kalau kita tidak yakin
dengan jawaban, kita harus menebak jawabannya. Jangan pernah mengosongkan
jawaban, tapi semua harus dijawab. Jawaban salah tidak akan mengurangi score
karena di TOEFL Test, hanya jawaban yang benar yang dihitung.
Kalau masih ada waktu
setelah menjawab pertanyaan, bacalah kembali pilihan jawaban untuk soal
selanjutnya. Interval waktu untuk setiap soal sekitar 8-12 detik, jadi gunakan
waktu tersisa untuk membaca pilihan jawaban.
Biasanya jawaban
pertanyaan sering ditemukan di suara kedua di percakapan singkat. Sehingga
fokuslah pada suara kedua.
Biasanya struktur
percakapannya di awal mudah dan akan cukup sulit di akhir sesi.
Jangan pernah
mengosongkan jawaban. Bahkan jika Anda tidak yakin atau tidak mengerti sama
sekalipun, tebak saja. Sebab tidak ada pengurangan nilai bila anda salah.
Gunakan waktu yang
tersisa ketika telah selesai menjawab satu pertanyaan, untuk melihat opsi
jawaban di pertanyaan berikutnya. Jadi bisa mempermudah anda untuk hanya fokus
pada percakapannya saja.
Jika Anda mengerti
sedikit ide percakapan tersebut, pilih jawaban yang mengandung pernyataan
sebagaimana ide yang Anda ketahui.
Jika Anda tidak mengerti
percakapan tersebut, pilihlah jawaban yang berbeda dari apa yang anda
dengarkan. Karena biasanya itu yang menjadi jebakan bagi untuk memilih jawaban
yang salah. Contoh seperti Apartement dengan appointment, atau search dengan
research dan church.
Bila Anda tahu persis
kata yang digunakan namun tidak ditemukan di opsi-opsi yang ada maka carilah
sinonim dari kata tersebut.
Kita harus terbiasa
dengan petunjuk tes/test direction. Direction atau petunjuk untuk setiap Tes
TOEFL dimanapun pasti sama. Jadi pada saat kita mengerjakan bagian Listening
Comprehension, kalian tidak perlu selalu mendengarkan direction atau petunjuk
yang dibacakan oleh narrator. Untuk itu kita harus sudah memahami dan akrab
dengan petunjuk tes sebelum melaksanakan
Tes TOEFL.
Dengarkanlah percakapan
dan pidato dengan seksama dan hati-hati. Kita harus sepenuhnya berkonsentrasi
terhadap apa yang sedang diperbincangkan karena percakapan dan pidato hanya di
perdengarkan sekali saja.
Mengetahui dimana
pertanyaan yang mudah dan sulit biasanya di temukan. Di Listening
Comprehension, pertanyaan biasanya diberikan mulai dari yang paling mudah
sampai yang paling sulit.
Jangan pernah
mengosongkan jawaban di lembar jawaban. Bahkan jika kita tidak yakin dengan
jawaban kita, kita harus tetap menjawabnya karena idak ada pengurangan nilai
untuk jawaban yang salah.
Gunakan waktu yang
tersisa untuk membaca soal selanjutnya. Ketika kita selesai menjawab pertanyaan
dan masih memiliki sisa waktu, usahakan membaca dan melihat pilihan jawaban
untuk pertanyaan selanjutnya.
Komentar
Posting Komentar